Minggu, 27 September 2015

Perawatan Rambut Alami Mudah Dilakukan di Rumah

Share it Please

Perawatan Rambut Alami Mudah Dilakukan di Rumah

Perawatan Rambut Alami – Rambut adalah bagian dari tubuh yang dapat tumbuh secara alami setiap harinya. Rambut semakin hari semakin memanjang, baik pada pria maupun wanita. Itulah sebabnya untuk waktu tertentu seseorang biasanya memotong rambutnya. Selain dipotong,perawatan rambut alami juga sangat disarankan untuk mendapatkan rambut yang sehat lagi indah. Perawatan yang alami ini bisa dilakukan dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan di sekitar kita, tanpa menggunakan bahan-bahan bermerk yang dijual di toko-toko. Perawatan ini khususnya dilakukan untuk mengatasi masalah-masalah rambut yang hampir semua orang mengalaminya. Masalah perawatan ini tidak hanya pada rambut kepala namun juga perawatan juga dilakukan pada bagian tubuh seperti perawatan kulit, perawatan mata dan perawatan bagian kewanitaan agar tidak terjadi Keputihan Pada Wanita.
Masalah-masalah rambut yang biasanya melanda adalah rambut rontok, patah-patah, rambut bercabang, dan berketombe. Jika Anda mengalaminya, Anda tidak perlu cemas, karena Anda tidak sendiri. Ada ratusan bahkan ribuan orang di dunia yang mengalaminya. Meskipun Anda dan mereka sama-sama mempunyai masalah rambut, yang membedakan antara Anda dan mereka adalah perawatan rambut alami. Jika melakukan perawatan secara alami, efek samping tidak akan Anda alami, tetapi justru rambut semakin sehat.
Ada beberapa cara merawat rambut yang direkomendasikan untuk Anda, yang tentunya dari bahan-bahan alami, mudah ditemukan di lingkungan sekitar, dan harganya sangat terjangkau. Anda tidak perlu merogoh kocek untuk pergi ke salon dengan perawatan mahal, karena cara alami ini dapat dilakukan di rumah. Tetapi cara alami juga harus rutin dan teratur agar didapatkan hasil yang maksimal. Cara-cara tersebut yaitu:

  • Daging Lidah Buaya
Siapa sih yang tidak tahu manfaat lidah buaya sebagai perawatan rambut alami? Manfaat daging lidah buaya ini dapat dilakukan dengan cara membuatnya menjadi shampoo. Hati-hati jika mengambil daging lidah buaya karena biasanya terdapat duri di sekitar daunnya. Tips perawatan rambut alami dengan mengambil dagingnya, kemudian tumbuk menjadi halus. Gunakan tumbukan daging idah buaya ini sebagai pengganti shampoo. Basahi dahulu rambut Anda, kemudian usap dan pijat dengan lembut dengan tangan. Diamkan selama 3-5 menit, kemudian bilas sampai bersih dengan air. Manfaatnya adalah untuk menghilangkan ketombe dan menghaluskan rambut agar mudah diatur.
  • Putih telur
Siapa sangka putih telur dapat menjadi ramuan perawatan rambut alami? Telur yang biasa kita gunakan untuk makanan sehari-hari mempunyai fungsi ganda, sebagai bahan makanan dan sebagai bahan alami melembabkan rambut yang kering. Cukup dengan putih telurnya saja, dengan membasahi rambut Anda, kemudian balurkan dan pijat perlahan rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 15-20 menit, setelah itu Anda bilas dengan air sampai bersih. Perlu Anda ketahui bahwa putih telur menjadi bahan yang digunakan untuk membuat shampoo yang biasa kita ketahui di toko-toko.
  • Minyak zaitun dan madu
Masih dengan perawatan rambut alami adalah dengan minyak zaitun dikombinasikan dengan madu. Kedua bahan ini dapat membuat rambut lebih kuat, halus, dan cemerlang. Caranya dengan mencampurkan minyak zaitun dan madu sampai rata. Balurkan campuran kedua bahan itu pada rambut dan kulit kepala. Lakukan pijatan ringan dengan tangan Anda. Buat rumah Anda seperti salon perawatan rambut. Setelah itu, diamkan selama 15-20 menit agar mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Setelah itu, baru Anda membilasnya dengan air sampai bersih.
  • Santan Kental
Kali ini perawatan rambut alami menggunakan bahan dapur lagi, yaitu santan kental. Santan ini tidak dijadikan pengganti shampo karena mengaplikasikannya dilakukan sebelum Anda berkeramas. Siapkan santan kental secukupnya, sekitar 50 ml. Balurkan pada kulit kepala dan rambut sampai merata. Siapkan handuk dan celupkan pada air hangat, peras handuk. Balutkan handuk hangat tersebut pada rambut seperti Anda melakukan creambath. Diamkan selama 40-60 menit, kemudian guyur dengan air hangat. Terakhir, keramaslah seperti biasa dengan shampoo yang cocok dengan rambut Anda.
  • Alpukat
Perawatan rambut dengan bahan alami berikutnya adalah dengan buah alpukat. Buah ini memiliki daging yang lezat, baik dimakan langsung ataupun dibuat jus. Nah, kali ini alpukat dapat digunakan sebagai masker untuk mengatasi rambut rontok. Tumbuk daging buah alpukat atau Anda dapat memblendernya sampai halus. Cara perawatan rambut alami dengan alpukat ini adalah dengan dibalurkan secara merata ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala. Pijat-pijat kepala ringan dan pelan, kemudian diamkan 20 menit. Setelah itu, bilas rambut dengan air bersih.
Nah, itulah tadi beberapa cara perawatan rambut alami yang dilakukan dengan bahan yang alami pula. Selain menggunakan bahan-bahan tersebut sebagai masker atau untuk creambath, Anda juga perlu memperhatikan perawatan dari luar, seperti kurangi menggunakan hair dryer. Gunakan saja saat-saat mendadak, misalnya ketika Anda terburu-buru harus pergi. Anda dapat menyiasati dengan keramas di sore hari, agar Anda mempunyai waktu yang cukup untuk mengeringkan rambut tanpa menggunakan hair dryer. Jika keramas pagi hari, maka waktunya akan mepet untuk Anda sekolah atau bekerja.

Kesimpulan:

bahan alami sebagai pengganti sampo,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Random Post