Jumat, 14 Agustus 2015

Khasiat dan Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Tubuh

Share it Please

Khasiat dan Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Tubuh

Buah Pisang sangat sering kita jumpai dalam keseharian kita. Selain mudah ditemukan buah pisang ini termasuk buah yang harganya relatif terjangkau. Pohon pisang dapat tumbuh di semua musim.Pisang juga memiliki berbagai jenis serta ciri-ciri nya. Selain itu pisang juga banyak memiliki kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.
Berikut ini adalah berbagai jenis pisang serta berbagai kandungan gizinya yang kami rangkum dari laman healthbenefitstimes.com.
manfaat pisang
Macam-macam jenis Pisang
1. Pisang Manzano
Jenis pisang ini memiliki rasa strawberry-apel lembut. Ketika sudah matang pisang ini memiliki warna kulit yang hitam. Pada umumnya pisang tertentu dibudidayakan di Asia, Amerika Selatan, Meksiko, Karibia, serta Afrika yang dikenal dengan Pisang Apel.
2. Pisang Nino/Bayi
Pisang ini memiliki panjang sekitar 3  inci. Ketika matang, pisang ini berwarna kuning serta memiliki cita rasa yang cukup manis. Pisang ini mengandung vitamin B6 dan hanya bisa ditemukan di Kolombia. Pisang ini juga dapat dimasak, tumis, kukus serta dipanggang.
3. Pisang Burro
Pisang ini berukuran kecil dan berbentuk persegi panjang. Saat matang pisang ini berwarna kuning dan terdapat bintik-bintik gelap serta daging berwarna putih krim. Ppisang ini dapat dikonsumsi langsung serta dapat juga dimasak dengan berbagai resep.
4. Pisang Merah
Pisang ini memiliki warna yang unik saat masak yaitu warna maroon bercampur ungu agak kehitaman. Warna dagingnya pun merah muda atau seperti warna daging salmon. Pisang ini memiliki sedikit rasa raspberry. Selain itu pisang ini mengandung beta karoten yang lebih banyak dan vitamin C dibandingkan dengan pisang kuning biasa.
5. Pisang Plantain
Pisang ini tidak cocok dikonsumsi mentah karena perlu dimasak dengan benar. Pisang ini biasanya ditemukan di India dan tumbuh dilingkungan yang eksotis. Saat masak pisang ini memiliki warna hijau dan hampir hitam. Dagingnya lembut dan berwarna kuning atau sedikit merah muda.
6. Pisang Cavendish
Pisang ini sangat terkenal di AS. Pada umumnya pisang ini dapat dimakan segar serta dapat digunakan untuk membuat kue, pie, muffin, yogurt, smoothies, puding dan custard.
7. Pisang Jari
Pisang ini berukuran lebih kecil dan lebih memuaskan jika dibandingkan dengan pisang yang lainnya.
8. Pisang Raja
Pisang ini sangat terkenal di Indonesia. Pisang ini biasanya digunakan untuk membuat pisang goreng.
Kandungan gizi Pisang
1. Vitamin
Pisang banyak mengandung vitamin B6 dan vitamin C yang mampu memenuhi kebutuhan nilai gizi sehari-hari.
2. Mineral
Mengkonsumsi satu buah pisang dapat memenuhi kebutuhan kalium dari nilai gizi sehari-hari yaitu sekitar 14%.
3. Prebiotik
Pisang juga mengandung prebiotik yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah perkembangan bakteri jahat, serta meningkatkan asupan mineral seperti kalsium.
Selain kaya kandungan gizi, pisang juga baik untuk menjaga kesehatan usus, tekanan darah rendah, kesehatan tulang, pencegahan kanker, penglihatan, perlindungan HIV, jantung dan saraf, peningkat mood dan obat penenang ringan, pengurangan kolesterol, mengurangi resiko stroke, ginjal dan lain sabagainya.

Kesimpulan:

pisang merah,khasiat pisang merah,manfaat pisang merah,pisang merah khasiat,pisang yg dikukus apakah masih mengandung b6,pisang warna merah,manfaat pisang me,artikel kesehatan tentang pisang,manfaat pisang masak yg sudh dimasak,manfaat pisang klotok di kukus,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Random Post