Senin, 28 September 2015

Root Android

Share it Please

Apa itu Root Android ?

Root AndroidArti Root Android adalah memodifikasi handphone atau tablet supaya user mendapatkan akses penuh ke dalam sistem Android (mirip perintah Run as administrator di Windows ataupun mengetikkan perintah sudo di terminal Linux).
Hp Android yg sudah di root mampu mengeluarkan semua potensi dan fitur yang sebelumnya terkunci seperti meng-install applikasi non-Android market, fitur wireless tethering, mengubah tampilan UI, uninstall applikasi default (crapware), flash custom ROM, dll.
Pemilik Android yang newbie disarankan tidak melakukan root bila memang tidak memerlukan fitur yang Info Teknologi sebutkan diatas, ini karena ‘root android’ memiliki resiko celah keamanan, kemungkinan handphone tidak berfungsi setelah root, dan hilangnya garansi.

Tutorial Root Android

Cara root Android paling mudah adalah menggunakan SuperOneClick, applikasi freeware ini bisa berjalan di Windows maupun Linux (Ubuntu dan Debian). SuperOneClick dapat didownload dariXDA Developers atau shortfuse.org.

Persiapan root android dengan SuperOneClick :

  • PC sudah terinstall Microsoft .NET Framework 2.0 atau versi yg lebih tinggi
  • Sudah menginstall USB Driver untuk Handphone Android yang akan diroot
  • Android berada di kondisi USB Debugging mode. (Settings > Applications > Development, pilih USB Debugging)
Ekstrak file hasil download di satu folder kemudian jalankan program SuperOneClick.exe. Sambungkan handphone Android ke komputer (jangan mount memory card). Klik tombol Rootpada applikasi, dan bila proses rooting selesai maka muncul pesan Root files have been installed!

Setelah proses root Android selesai maka handphone akan dapat diinstall applikasi non-Android Market, menambah fitur wireless tetherwired tether, overclocking prosessor (SetCPU), install custom flash ROM, dll.
Pada dasarnya semua handphone (atau tablet) dapat di root dengan mudah, namun ada beberapa tipe tertentu yang memerlukan cara rooting berbeda. Handphone Android yang tidak mendukung SuperOneClick adalah HTC Supersonic, HTC Incredible, HTC Desire, HTC Aria, Droid Eris, HTC Wildfire, dll.
Note 1: Mayoritas handphone / tablet yang beredar 2012 – 2013 (dengan OS ICS & Jelly Bean) tidak bisa menggunakan cara diatas, tapi harus menggunakan file yang diinstall melalui CMW (ClockworkMod) ataupun Odin.
Note 2: Info Teknologi tidak bertanggung jawab atas kerusakan atau masalah yang mungkin terjadi karena proses root android yang gagal. Bila ada pertanyaan, coba cari isi komentar dibawah menggunakan CTRL + F lalu ketik keyword yang dicari, karena kebanyakan pertanyaan sudah terjawab.

Random Post